Comments

Contoh Proposal Pendirian Lembaga Pendidikan Komputer

Contoh Proposal Pendirian Lembaga Pendidikan Komputer

Contoh Proposal Pendirian Lembaga Pendidikan Komputer
I. LATAR BELAKANG
Sebuah kondisi realita saat ini dunia teknologi semakin di kedepankan, aktifitas yang memakan banyak waktu, energi dan kerja tidak sistematis saat ini sudah dapat diminimalisir, karena dengan banyak membuang waktu dan energi belum tentu mendapatkan hasil yang maksimal, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dan dengan apa kita dapat meminimalisir tersebut? Jawaban yang tepat adalah TEKNOLOGI. Banyak teknologi saat-saat ini sudah mulai dikembangkan mulai dari teknologi pangan, pertanian, industri sampai teknologi informasi.
Pengangguran dan kemiskinan hingga saat ini merupakan masalah besar  bangsa Indonesia yang belum bisa terpecahkan.Jika dilihat dari latar belakang pendidikan para penganggur berdasarkan data BPS Februari 2009 sebesar 27,09% berpendidikan SD ke bawah, 22,62% berpendidikan SLTP, 25,29% berpendidikan SMA, 15,37% berpendidikan SMK dan 9,63% berpendidikan Diploma sampai Sarjana.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran di Indonesia, diantaranya: 
Pertama, jumlah pencari kerja lebih besar dari jumlah peluang kerja yang tersedia (kesenjangan antara supply and demand). 
Kedua, kesenjangan antara kompetensi pencari kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja (mis-match)
Ketiga, masih adanya anak putus sekolah dan lulus tidak melanjutkan yang tidak terserap dunia kerja/berusaha mandiri karena tidak memiliki keterampilan yang memadai (unskill labour)
Keempat, terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena krisis global.
Mengingat data pengangguran masih cukup tinggi, apabila tidak memperoleh perhatian yang serius mengakibatkan masalah sosial yang cukup tinggi pula. Beberapa masalah sosial yang diakibatkan oleh tingginya pengangguran
Penyelenggaraan kursus dan pelatihan berbasis pendidikan kecakapan hidup merupakan salah satu upaya strategis untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan melalui jalur pendidikan. Berdasarkan data BPS Agustus 2009 jumlah penganggur terbuka tercatat sebanyak 8,96 juta orang (7,87%) dari total angkatan kerja sebanyak 113,83 juta orang. Untuk memberikan layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan bagi masyarakat terutama para pengangguran tentu saja dibutuhkan Lembaga Kursus dan Pelatihan yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.
II.                  DASAR PEMIKIRAN
1.      hasil survei lembaga kursus dan pelatihan di kabupaten pesisir selatan
2.      pelajar setempat belum banyak yang mengenal tentang dunia teknologi informasi.
3.      dengan adanya program pemerintah yakni Jaringan Pendidikan Nasional (JARDIKNAS) sudah mulai di terapkan di masyarakat kota.
III.                VISI DAN MISI
Visi  : MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR  KREATIF, INOVATIF DAN INTERPRENERSHIP YANG HANDAL
Misi :
1.      pemberantasan pelajar GAPTEK (gagap teknologi)
2.      menjalin kerjasama lembaga dengan sekolah-sekolah SD, SMP, SMA Sederajat untuk pemberantasan GAPTEK


IV.               SILABUS/KURIKULUM
Dasar – dasar mengoperasikan komputer
Perangkat Keras Untuk Akses Internet
Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor.
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Mengakses halaman web
Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi.
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Menggunakan Email
Menggunakan gambar, animasi, dan file multimedia dalam menyajikan presentasi.
Menggunakan sistem operasi komputer
Menggunakan File Transfer Protocol (FTP)
Menggunakan flowchart, struktur organisasi dan grafik untuk memperjelas dalam visualisasi data.
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Menggunakan bahasa HTML untuk membuat homepage sederhana
Menggunakan slide master dan hyperlink sebagai navigasi slide untuk penyajian presentasi dengan model professional.
Menggunakan Equation Editor
Membuat dokumen menggunakan program pengolah angka (spreadsheet)
Pengaturan waktu atau timing serta efek (transition) pada slide untuk penyajian presentasi secara otomatis.
Menggunakan Flow Chart dan Data Flow Diagram (DFD)
Menggunakan Formula pada lembar kerja untuk melakukan perhitungan secara otomatis
Animasi
Menggunakan Mail Merge
Menggunakan fungsi pembacaan tabel
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk kepentingan karya tulis, bisnis dan advertising
Menggunakan grafik untuk menyajikan data secara visual
Menggunakan spreadsheet untuk mengelola database (basis data)
V.                 SASARAN PEMBELAJARAN
1.      Sekolah Dasar ( SD )
2.      Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
3.      Sekolah Menengah Atas ( SMA )
4.      Umum ( Guru, Mahasiswa)
VI.               JENIS PAKET KURSUS & BIAYA
1.      Microsoft Office (Windows)
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu
Pelatihan diadakan 12x pertemuan, 1x pertemuan 2 jam
Fasilitas : Buku panduan dan Sertifikat

2.      Microsoft Office Paket Kilat (Windows)
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu
Pelatihan diadakan 6x pertemuan selesai, 1x pertemuan 2 jam (syarat dan ketentuan berlaku)
Fasilitas : Buku panduan dan Sertifikat

3.      System Jaringan & Rekayasa Terminal Server
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu
Pelatihan diadakan 5x pertemuan selesai, 1x pertemuan 2 jam
Fasilitas : Buku panduan dan Sertifikat

4.      Design Grafis with Corel & Adobe Photoshop
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu

5.      Multimedia & Animasi
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu

6.      Teknisi Komputer
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu

VII.             LOKASI
SMK
 
SMK
 


Alamat Lembaga : Ps. Padang PanJang Ps. Kambang Pessel Kab. Pesir Selatan  Telepon  ( 07567428174) HP 085263292288
VIII.           DENAH PEMBELAJARAN
Ø  Tempat Parkir
Tempat Parkir 1
Tempat Parkir 2
Ruang Belajar
Ø  Tempat Belajar
PAPAN TULIS
K-1             K-5
K-2             K-6
K-3             K-7
K-4             K-8
          
IX.                PENUTUP
Demikianlah proposal yang kami ajukan untuk memenuhi persyaratan pendirian lembaga pendidikan komputer yang kami ajukan. Atas partisipasinya untuk mencerdaskan anak bangsa kami ucapkan banyak terima kasih.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

DIREKTORI

ORMIT & MITRA

AD (728x90)

Copyright © LKP AL-QOLAM MUSI RAWAS - All Rights Reserved